10 Ide Permainan Kreatif Anak Agar Pintar Berhitung Atau Matematika

Permainan Kreatif Anak agar mudah belajar berhitung atau matematika perlu diterapkan dirumah maupun sekolah. anak-anak pada dasarnya menyukai bermain maka hendaknya ketika belajar dipadupadankan dengan bermain. khususnya, belajar untuk anak usia 2-7 Tahun. Bunda dirumah harus memberikan fasilitas bermain yang sekaligus berisi pembelajaran untuk anak. pelajaran yang sering dikeluhkan bunda ketika anak bosan dan menganggapnya susah adalah berhitung atau matematika. strategi permainan anak yang pas dalam belajar berhitung atau matematika untuk anak akan mebuat anak tidak lagi bosan akan tetapi akan membuatnya ketagihan loh bun.

Belajar Berhitung atau Matematika akan sangat mengasyikkan.

Bunda di rumah dan para guru di sekolah perlu menerapkan permainan kreatif anak dalam belajar berhitung atau matematika. berikut 10 Ide Permainan Kreatif Anak Agar pintar berhitung atau matematika:
  • Belajar menggunakan sistem bercerita
anak-anak akan lebih suka mendengarkan cerita, salah satu alternatifnya bunda bisa bercerita seperti paman yang membeli 3 buah apel lalu membeli 4 buah pisang, dan memaskkan semua buah di dalam kresek dan memberikannya kepada toni. berapa buah didalam kresek yang tomi dapatkan?

  • permainan pompom
Bunda bisa menggambar rumput dan pot, lalu disetiap pot situliskan angka atau pertambahan misalnya 3+2, lalu siapkan lem dan pompom warna warni didalam mangkok. perintahkan anak untuk menyusun bunga sesuai angka di dalam pot atau angka hasil pertambahan yang sudah ditulis didalam pot.

  • Belajar Dengan Playdough
bunda bisa menyediakan kertas yang ditulisi dengan angka dan pertambahan dan anak melengkapi dengan palydough. permainan kreatif anak akan memberikan printable Belajar Matematika atau berhitung secara gratis loh bun, stay tune ya! untuk resep Playdough atau clay bisa bunda dapatkan di blog ini.




  • Memanfaatkan barang bekas
Belajar tak harus mahal, bunda bisa memanfaatkan botol bekas untuk belajar matematika. seperti gambar di bawah ini. Bunda siapkan tutup botol lalu tulis diatasnya soal pertambahan misal : 9+1, 8+2 dst. kumpulkan sesuai dengan hasilnya, misalkan hasil 10 letakkan ditengah-tengah dan anak-anak mencari penjumlahannya ( 9+1, 8+2 dst)

  • Belajar Puzzle Matematika atau berhitung
bunda bisa membuat puzzle belajar matematika dan berlomba menyusun bersama sikecil, sangat amat mengasyikkan bukan? dan berikan reward jika sikecil menang ya bunda. hal ini selain menambah pintar berhitung atau matematika sikecil akan semakin percaya diri loh bun!



  • Bermain dengan Pohon Clay

bunda bisa buatkan pohon berbuah clay. seperti gambar dibawah ini, cara bermainnya adalah anak mengocok kubus berangka, lalu arahkan anak untuk menghitung jumlahnya, cari angka di Akar penggaris angka, lalu tempelkan buah clay sesuai angka yang keluar, asyik kan bun?
buat pohon dari bahan anti air ya bun atau bisa dilapisi plastik supaya clay tidak menempel. mau pesan? bisa loh ke blog ini :)

  • dan yang terakhir berlatih secaara bertahap dan rutin. jangan mudah menyerah jika si anak masih suka lupa, rutinkan saja belajarnya sampai anak menghafal dengan benar
10 Ide Permainan Kreatif Anak agar Pintar Berhitung atau Matematika adalah cara belajar yang bisa diterapkan dirumah maupun disekolah untuk anak balita, paud, tk, SD usia 2 tahun hingga 7 Tahun. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan anak-anak akan belajar berhitung atau matematika dengan asik dan seru.